10 Kegiatan Asyik Saat Libur Sekolah

Sekolah libur sehari karena guru-guru ada rapat bersama? Hore …! Siapa sih yang nggak senang kalau liburan walau cuma sehari? Semua happy dong. Meskipun bukan berarti masuk sekolah itu tidak menyenangkan.

Nah, apa yang bisa dilakukan nih di hari libur yang cuma sehari? Mengerjakan PR? Aduuh …, nanti dulu deh. Itu bisa digarap sehabis makan malam saja. Main hape? Yaah … yang lain dong. Eh, yuk cari ide 10 kegiatan yang bikin kamu tetap bisa main dan bermanfaat buat aktivitas belajarmu. Check it out!

  1. Yuk cuci tas dan sepatu: Main air, hahaha …. iya, cuci sepatu dan tas otomatis kamu bisa main air. Lebih asyik lagi kalau itu kamu kerjakan bareng kakak dan adikmu. Boleh deh main siram-siraman air asal bukan air sabun ya. Oh ya, bukankah kamu kamu dicuci setiap hari? Nah, jangan-jangan sepatu dan tasmu sudah satu semester nggak bersentuhan dengan sabun tuh. Cuci yang bersih ya. Perhatikan bahan tas dan sepatumu. Tidak semua kuat untuk disikat. Jadi, cuci dengan lembut dan tidak perlu direndam.
  2. Bersihkan koleksi piala, vandel, dan medalimu: Iya … sayang banget kalau piala yang kamu raih dengan perjuangan keras akhirnya berdebu dan jadi sarang laba-laba. Ambil lap basah atau tisu basah juga boleh. Lap dengan hati-hati hingga seperti baru lagi. Lakukan cara yang sama untuk medalimu. Kalau untuk vandel, lap bagian kayunya. Pada bagian kain kamu dapat sikat menggunakan sikat gigi dengan perlahan-lahan. Simpel, kan?

  3. Rapikan bukumu dong: Iya tuh, sudah mulai acak-acakan banget. Buku matematika udah nggak jelas dimana, juga buku catatan campur aduk sama buku cetak. Ada yang berdiri dan ada yang rebah. Rapikan yuk. Susun buku cetak terpisah dari buku catatan. Kalau satu pelajaran ada beberapa buku tulis, satukan aja berjajar ya. Jangan lupa pensil, pulpen, crayon, penghapus, penggaris juga rapikan sekalian. Bukan nyuruh lho, sekadar ngasih perintah, eh … saran hahaha….
  4. Atur ulang kamarmu: Udah mulai nggak mood masuk kamarmu? ‘Kali aja kamu bisa atur ulang susunan kamarmu. Bisa jadi, meja belajarmu menghadap tembok sehingga bikin bete. Nah, putarlah menghadap jendela agar kamu lebih lega sekarang. Atau, geser lemari pakaianmu dan tukar posisi dengan tempat tidurmu. Emang bisa? Ya mana saya tahu, kan belum pernah masuk kamarmu, hahaha ….

  5. Baca buku: Oh ya, bulan lalu kan baru mulai baca novel dan belum selesai lantas keburu ulangan tengah semester. Yuk lanjutkan baca bukunya. Eh, jangan-jangan masih banyak buku yang kamu beli masih dalam plastik segel. Buruan dong dibaca.
  6. Bikin prakarya aja: Nah, kan ada tuh botol air mineral kosong. dan juga kaleng biskuit kosong. terus, flanel warna-warni dan manik-manik juga masih ada stock. Bikin apa ya? Nah, daripada alat tulismu berantakan. Atau, kabel charger-mu tergeletak nggak karuan, kenapa nggak bikin prakarya aja? Kreasi sesukamu bikin aneka wadah yang “lu banget” deh. Tempeli foto wajahmu kalau kamu belum bosan melihatnya, hahaha ….

  7. Belajar musik: Iya … udah sebulan lebih pianika nggak disentuh. Ada juga suling nganggur di bawah tumpukan alat tulis. Juga gitar yang mematung di sudut kamar. Yuk mainkan! Buka Youtube dan latihan dari situ. Pasti liburan seharimu sangat seru. Eh, ajak teman atau adik dan kakakmu main bareng-bareng ya. Pasti lebih heboh!
  8. Cuci sepedamu: Kok tahu kalau sepedaku dekil? Iya lah …. Sepeda yang dipakai main lama-lama kotor berdebu dan kadang malah berlumpur. Ayo keluarkan, siram dengan air dan kasih sabun. Mainkan tanganmu untuk memandikan sepedamu ya. Basah-basah dikit malah asyik kan.

  9. Coba resep baru: Kamu cuma bisa goreng sosis? Astaga …! Yuk bikin kreasi omelet dari telur dadar yang dicampur potongan jamur dan sedikit saos tomat. Bisa juga bikin nasi goreng dengan telor ceplok. Atau, bikin agar-agar warna-warni, bakwan jagung, atau mamamu punya cetakan buat bikin coklat? Mainkaaan!
  10. Olah raga: Bangun pagi, pakai sepatu sport-mu dan larilah keliling kompleks perumahan. Atau, telepon teman mainmu, ajak berenang pukul 8 pagi! Boleh juga main bola basket di samping rumahmu. Boleh nggak main catur? Ya boleh dong, itu kan olah raga juga. Tapi kalau main catur mana bisa keringatan ya? Haha ….

Nah …. nggak kekurangan ide kan untuk mengisi liburan? Kamu bisa pilih beberapa kegiatan itu sekaligus. Pasti asyik liburan pendek yang kamu punya …..

Facebook Comments