Peringatan Bulan Bahasa 2017 di Marsudirini Bekasi

Ada yang seru di hari ini, Selasa 17 Oktober 2017 di Kompleks Sekolah Marsudirini, Kemang Pratama, Bekasi. Apa ya? Selama setengah dari dari pagi hingga siang diselenggarakan Peringatan Bulan Bahasa. Ini memang acaranya kakak-kakak SMP Marsudirini Kemang Pratama, Bekasi. Tapi, serunya adalah karena adik-adik mereka di SD Marsudirini Kemang Pratama Bekasi yang kelas 6 juga boleh ikut hadir dan berlomba.

Tema yang diangkat tahun ini sangat seru, yakni “Ekspresikan Diri dengan Kreasi”. Selain itu, kaitannya dengan bulan bahasa adalah agar kita semua menjunjung tinggi Bahasa Indonesia sebagai bukti cinta pada negara. Cakep ya?

Nah, selama setengah hari, para siswa dan guru-guru sebagai pendamping dan juri berkumpul di depan panggung yang dibuat di halaman SMP Marsudirini Kemang Pratama, Bekasi. Di sana, siswa-siswa berdu kreativitas dalam hal lomba berpidato, mendongeng, menulis teks eksposisi, dan berpuisi.

Wah, banyak lho peserta yang memakai baju daerah dari berbagai tempat di tanah air. Selain lomba-lomba, ada juga pentas kreasi dari kakak-kakak SMP Marsudirini Kemang Pratama, Bekasi di sela-sela acara.

 

 

 

 

 

 

Ada yang tahu mengapa bulan Oktober dijadikan sebagai bulan bahasa? Hal ini tidak terlepas dari adanya peringatan Sumpah Pemuda yang dirayakan pada bulan yang sama. Nah, teks sumpah pemuda menyebutkan bahwa kita semua sepakat untuk menjunjung tinggi bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia. Bayangkan, merujuk pada Peta Bahasa Negara Kesatuan Republik Indonesia (2008) ternyata kita memiliki 442 bahasa daerah di Indonesia. Bertolak dari keragaman itu, bangsa Indonesia menjadi lebih paham akan arti persatuan. Meskipun beragam latar bahasanya, bangsa Indonesia terhubung melalui bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yuk kita cintai bahasa dan sastra kita. Sebab, dengan pandai berbahasa maka kita lebih mampu mengekspresikan diri kita. Sepakat?

Foto: Theodora Hartanti

 

Facebook Comments